RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA Negeri 4
Sukabumi
Mata Pelajara : Kimia
Kelas / Semester : XI / Semester II
Alokasi Waktu : 1 × 20 menit ( 1 Pertemuan )
Standar
Kompetensi : Memahami perubahan
energi dalam reaksi kimia dan
cara
pengukurannya
Kompetensi
Dasar :
Mendeskripsikan
perubahan entalpi suatu reaksi,
reaksi eksoterm dan reaksi endoterm
Indikator :
·
Menjelaskan
pengertian sistem dan
lingkungan
·
Membedakan reaksi yang melepaskan kalor
(eksoterm) dengan reaksi yang
menerima kalor (endoterm)
Karakter yang diharapkan : Siswa dapat bersosialisasi
Tujuan
Pembelajaran :
·
Melalui model Cooperative Learning Tipe Jigsaw, siswa dapat menjelaskan
pengertian sistem dan
lingkungan
·
Melalui model Cooperative Learning Tipe Jigsaw, siswa dapat
membedakan reaksi yang melepaskan kalor (Ekoterm) dengan reaksi yang menerima
kalor (Endoterm).
Aspek
psikomotor: Berkomunikasi
menggunakan bahasa yang baik, benar dan mudah dimengerti
MATERI
PEMBELAJARAN
Materi
yang dikembangkan
a. Sistem dan Lingkungan
Dalam termokimia
dikenal 2 istilah penting, yaitu sistem dan lingkungan. Sistem adalah bagian dar alam semesta yang menjadi pusat perhatian
langsung dalam suatu percobaan tertentu. Lingkungan
adalah bagian alam semesta yang berhubungan langsung (berinteraksi) dengan satu
sistem atau segala sesuatu yang membatasi sistem. Sistem selalu mengandung
sejumlah materi tertentu yang dikontrol dalam percobaan itu.
Ada dua jenis
sistem, yaitu sistem tertutup dan sistem terbuka. Sistem tertutup adalah sistem yang penyekatnya mencegah aliran zat
masuk dan keluar sistem, sedangkan sistem
terbuka adalah sistem yang dapat berubah seiring berjalannya waktu. Sistem
dan lingkungan bersama-sama membentuk semesta termodinamika dalam proses
pertukaran energi.
b. Jenis-jenis Reaksi Termokimia
Kebanyakan reaksi
kimia tidaklah tertutup sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran energi
antara sistem dan lingkungan. Reaksi termokimia dapat dikelompokkan menjadi dua
jenis, yaitu rekasi eksoterm dan reaksi endoterm.
1) Reaksi eksoterm
Reaksi eksoterm adalah reaksi kimia dengan sistem melepaskan kalor ke lingkungannya. Pada
reaksi eksoterm, suhu campuran reaksi akan naik dan energi potensial dari
zat-zat kimia yang bersangkutan akan turun. Selanjutnya sistem melepaskan kalor
ke lingkungannya.
Pada reaksi
eksoterm, entalpi sistem berkurang. Artinya entalpi produk lebih kecil daripada
entalpi pereaksi. Oleh karena itu, perubahan entalpinya (∆H) merupakan selisih antara entalpi pereaksi dengan entalpi produk
(Hr-Hp) sehingga ∆H bernilai negatif.
Reaksi eksoterm:
2) Reaksi Endoterm
Reaksi endoterm adalah reaksi kimia dengan sistem menyerap kalor dari lingkungannya. Pada
reaksi ini, terjadi kenaikan energi potensial zat-zat yang bereaksi ata terjadi
penurunan energi kinetik sehingga suhu sistem turun.
Pada reaksi
endoterm, entalpi sistem bertambah. Artinya, entalpi produk (Hp) lebih besar daripada entalpi
pereaksi (Hr). Oleh karena itu,
perubahan entalpi (∆H) merupakan
selisish antara entalpi produk dengan entalpi pereaksi (Hp-Hr) sehingga ∆H
bernilai positif.
Reaksi endoterm:
STRATEGI DAN METODE
PEMBELAJARAN
Model : Cooperative Learning Tipe Jigsaw
Pendekatan : Konsep
Metode :Diskusi
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1
a. Tatap Muka
Langkah-langkah
No
|
Tahapan Kegiatan
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
1)
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
2)
Apersepsi
3)
Motivasi
|
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa:
·
Menjelaskan pengertian antara
system dan lingkungan
·
membedakan reaksi yang melepaskan
kalor (eksoterm) dan reaksi yang menerima kalor (endoterm) melalui percobaan.
·
Guru memberikan pertanyaan
pada siswa:
Minggu kemarin kita telah belajar Asas
kekekalan energy,masih ingatkah kalian isi asas kekekalan energy?
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa:
Pernahkah
kalian diam di dekat api unggun?
Nah
saat kalian di dekat api unggun,, apa yang kalian rasakan???
Mengapa
hal tersebut bisa terjadi?
Kalau
begitu mari kita mencari tahu, hari ini kita akan mempelajari Bab Termokimia
mengenai reaksi endoterm dan teaksi eksoterm
|
Siswa menyimak dan memahami tujuan pembelajaran.
Siswa menjawab pertanyaan dari guru:
Masih bu..
Energi tidak dapat dimusnahkan dan
tidak dapat diciptakan tetapi dapat dirubah ke dalam bentuk lain
Pernah bu,
Terasa hangat bu.
Tidak tahu bu
Siswa menjadi ingin tahu dan menyiapkan perangkat
pembelajaran.
|
2 menit
|
2
|
Kegiatan inti
Eksplorasi
§ Tahap
pembentukan kelompok asal
§ Tahap
pembentukan kelompok ahli
laborasi
Diskusi dengan kelompol ahli
§ Diskusi
kelompok asal
Konfirmasi
|
Guru membagi siswa ke dalam kelompok
heterogen yang berjumlah 2 orang yang
disebut kelompok asal.
Guru meminta siswa dari kelompok asal bergabung dengan rekannya dari kelompok lain yang
memiliki tugas yang sama (materi yang sama)
Guru meminta siswa untuk
mendiskusikan LKS yang telah diberikan
Terdapat 2 kelompok ahli yang membahas 2 materi yang berbeda, yaitu:
1. Kelompok Sistem dan lingkungan.
2. Kelompok Jenis-jenis reaksi termokimia.
Selama
proses diskusi, guru membimbing siswa
Guru meminta
siswa untuk kembali ke kelompok awal
setelah berdiskusi dalam kelompok ahli dan menguasai materi masing-masing
kemudian menjelaskan materinya kepada rekan sekelompoknya di kelompok asal
Guru meminta
salah satu murid untuk mempresentasikan hasil dari diskusi
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
dan menanggapi hasil presentasi siswa.
Guru
memberikan penguatan pada siswa mengenai materi yang telah diajarkan hari ini
|
Siswa
berkelompok sesuai instruksi guru
Siswa bergabung dengan kelompok ahli
§ Siswa
menerima LKS yang diberikn oleh guru untuk didiskusikan oleh kelompok
masing-masing dan dengan kelompok ahli
Siswa mulai
berdiskusi
·
Siswa kembali kepada kelompok asal untuk menjelaskan
materi yang telah didiskusikan dengan kelompok ahli
Salah satu siswa mempresentasikan hasil diskusi
Siswa bertanya
dan memperhatikan dengan seksama
|
13
menit
|
3
|
Penutup
1.
Membuat kesimpulan
2.
Melakukan penilaian
3.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
Guru membimbing siswa membuat kesimpulan.
Guru meminta siswa untuk mengakses website pembelajaran
kimia dan mengerjakan soal evaluasi pada halaman website tersebut. Dan meminta
siswa untuk mengumpulkannya besok paling lambat pukul 15.00
Guru menyampaikan materi pada pertemuan berikutnya
mengenai Perubahan entalpi standar
|
Siswa
mencatat kesimpulan.
Sistem adalah bagian dari alam semesta yang menjadi
pusat perhatian langsung dalam suatu percobaan tertentu. Lingkungan adalah bagian alam semesta yang berhubungan langsung
(berinteraksi) dengan satu sistem atau segala sesuatu yang membatasi sistem.
Perbedaan antara reaksi eksoterm
dengan reaksi endoterm adalah pada reaksi eksoterm terjadi kenaikan suhu
karena sistem melepaskan energi, sedangkan pada endoterm terjadi penurunan
suhu karena sistem menyerap energy,
Siswa
menulis alamat website tersebut
Siswa akan
mempelajari materi berikutnya
mengenai perubahan entalpi standar
|
5 menit
|
- MEDIA PEMBELAJARAN
·
Chemistry 1 For Senior High School Year XI. Justiana, Sandri
dan Muchtaridi
·
LKS Reaksi Eksoterm dan Reaksi Endoterm
·
LKS Sistem dan Lingkungan
- BUKU SUMBER
·
Chemistry 1 For Senior High School Year XI. Justiana, Sandri
dan Muchtaridi
·
(Raymond Chang : 44-50)
- PENILAIAN HASIL BELAJAR
a.
Jenis penilaian selama proses KBM : Penilaian kognitif, afektif dan
psikomotor
b.
Alat penilaian : Tes tulis
PENILAIAN
- Aspek Kognitif
No
|
Soal
|
Jawaban
|
Jenjang
Soal
|
Skor
|
1
|
Apa
yang dimaksud dengan system dan lingkungan?
|
Sistem adalah bagian
dari alam semesta yang menjadi
pusat perhatian langsung dalam suatu percobaan tertentu.
Lingkungan adalah bagian
alam semesta yang berhubungan langsung (berinteraksi) dengan satu sistem atau
segala sesuatu yang membatasi sistem. Sistem selalu mengandung sejumlah
materi tertentu yang dikontrol dalam percobaan itu.
|
C2
|
0-2
|
2
|
Sebutkan jenis-jenis system!
Jelaskan!
|
Ada dua jenis sistem, yaitu sistem tertutup dan sistem terbuka. Sistem tertutup adalah sistem yang
penyekatnya mencegah aliran zat masuk dan keluar sistem, sedangkan sistem terbuka adalah sistem yang
dapat berubah seiring berjalannya waktu. Sistem dan lingkungan bersama-sama
membentuk semesta termodinamika dalam proses pertukaran energi.
|
C1
dan C2
|
0-4
|
3.
|
Apa perbedaan dari Reaksi Eksoterm
dan reasi Endoterm?
|
Reaksi eksoterm adalah reaksi
kimia dengan sistem melepaskan kalor ke lingkungannya. Pada reaksi eksoterm,
suhu campuran reaksi akan naik dan energi potensial dari zat-zat kimia yang
bersangkutan akan turun. Selanjutnya sistem melepaskan kalor ke lingkungannya
Reaksi endoterm adalah reaksi
kimia dengan sistem menyerap kalor dari lingkungannya. Pada reaksi ini,
terjadi kenaikan energi potensial zat-zat yang bereaksi ata terjadi penurunan
energi kinetik sehingga suhu sistem turun.
Perbedaannya ada pada pelepasan kalor, suhu, dan energy potensialnya
|
|
0-2
|
4.
|
Gambarkan perbedaan dari reaksi
Endoterm dan Reaksi Eksoterm!
|
|
C1
|
0-2
|
- Aspek psikomotor
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Berkomunikasi
|
|
|
|
- Aspek afektif
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Siswa
Bersosialisasi
|
|
|
|
1= Kurang baik
2= Baik
3= Sangat baik
LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)
Reaksi
Eksoterm dan Reaksi Endoterm
Buku Sumber: Chemistry 1 For Senior High School Year XI. Muchtaridi,
dkk. Hal: 118-130
Kelompok :
Anggota Kelompok :
Kelas :
Tujuan
Menjelaskan system dan lingkungan
dan Membedakan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm
Pertanyaan
1.
Apa yang dimaksud dengan system dan
lingkungan?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.
Apa perbedaan dari Reaksi Eksoterm dan
reaksi Endoterm?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)
Reaksi
Eksoterm dan Reaksi Endoterm
Buku Sumber: Chemistry 1 For Senior High School Year XI. Muchtaridi,
dkk. Hal: 118-130
Kelompok :
Anggota Kelompok :
Kelas :
Tujuan
Menjelaskan system dan lingkungan
dan Membedakan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm
Pertanyaan
1.
Apa yang dimaksud dengan system dan
lingkungan?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.
Apa perbedaan dari Reaksi Eksoterm dan
reaksi Endoterm?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
KISI-KISI PEMBUATAN SOAL
KISI-KISI PEMBUATAN SOAL
Nama Sekolah : SMA
N 4 Sukabumi
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas :
XI
Semester :
II
Standar Kompetensi : Memahami perubahan
energi dalam reaksi kimia dan cara pengukurannya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Tes
|
Jenjang
/ Aspek
|
No
Soal
|
Mendeskripsikan
perubahan entalpi suatu reaksi,
reaksi
eksoterm dan reaksi endoterm
|
Termokimia
- Reaksi
Eksoterm dan Reaksi endoterm
|
Siswa
dapat menjelaskan system dan lingkungan
|
Essay
|
C2
|
1
|
Siswa
dapat menjelaskan jenis-jenis dari
sistem
|
Essay
|
C2
|
2
|
||
Siswa
dapat Membedakan reaksi endoterm dan reaksi eksoterm
|
Essay
|
C2
|
3
|
||
Siswa
dapat menggambarkan skema reaksi eksoterm dan skema reaksi endoterm
|
Essay
|
C1
|
4
|
Soal
Evaluasi Materi Reaksi Eksoterm dan Reaksi Endoterm
- Apa yang dimaksud dengan system dan lingkungan?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Sebutkan jenis-jenis system! Jelaskan!
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Apa perbedaan dari Reaksi Eksoterm dan reasi Endoterm?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Gambarkan perbedaan dari reaksi Endoterm dan Reaksi Eksoterm! (dengan gambar)
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
No
|
Soal
|
Jawaban
|
1
|
Apa
yang dimaksud dengan system dan lingkungan?
|
Sistem adalah bagian
dari alam semesta yang menjadi
pusat perhatian langsung dalam suatu percobaan tertentu.
Lingkungan adalah bagian
alam semesta yang berhubungan langsung (berinteraksi) dengan satu sistem atau
segala sesuatu yang membatasi sistem. Sistem selalu mengandung sejumlah
materi tertentu yang dikontrol dalam percobaan itu.
|
2
|
Sebutkan jenis-jenis system!
Jelaskan!
|
Ada dua jenis sistem, yaitu sistem tertutup dan sistem terbuka. Sistem tertutup adalah sistem yang
penyekatnya mencegah aliran zat masuk dan keluar sistem, sedangkan sistem terbuka adalah sistem yang
dapat berubah seiring berjalannya waktu. Sistem dan lingkungan bersama-sama
membentuk semesta termodinamika dalam proses pertukaran energi.
|
3.
|
Apa perbedaan dari Reaksi
Eksoterm dan reasi Endoterm?
|
Reaksi eksoterm adalah reaksi
kimia dengan sistem melepaskan kalor ke lingkungannya. Pada reaksi eksoterm,
suhu campuran reaksi akan naik dan energi potensial dari zat-zat kimia yang
bersangkutan akan turun. Selanjutnya sistem melepaskan kalor ke lingkungannya
Reaksi endoterm adalah reaksi
kimia dengan sistem menyerap kalor dari lingkungannya. Pada reaksi ini,
terjadi kenaikan energi potensial zat-zat yang bereaksi ata terjadi penurunan
energi kinetik sehingga suhu sistem turun.
Perbedaannya ada pada pelepasan kalor, suhu, dan energy potensialnya
|
4.
|
Gambarkan perbedaan dari reaksi
Endoterm dan Reaksi Eksoterm!
|
|
Skenario
Pembuka
Guru : Assalamu’alaikum wr. wb.
Siswa : Wa’alaikumussalam wr. Wb
Guru : selamat pagi anak-anak. Bagaimana
kabar hari ini?
Siswa : selamat pagi juga bu. Alhamdullih
baik bu..
Guru : Siapa yang tidak hadir hari ini?
Siswa : Hadir semua bu..
Pendahuluan
Guru : tujuan pembelajaran kita hari ini yaitu
siswa dapat menjelaskan pengertian system dan lingkungan dan membedakan reaksi
eksoterm dan reaksi endoterm
Apersepsi
Guru : Minggu kemarin kita telah
belajar Asas kekekalan energy, masih ingatkah kalian isi asas kekekalan energy
itu?
Siswa : Masih bu,,
Guru :Bagus,
siapa yang dapat memberitahukan isi asas kekekalan energy?
Isyu, Hilda,
hammam, iik mengacung.
Guru : eumh, ya iik
IIk
: asas kekekalan energy itu isinya, energy tidak dapat diciptakan dan juga
tidak dapat dimusnahkan bu,
Guru : yups bagus sekali, ada lagi
yang ingin menambahkan?
Hilda
dan isyu mengacung
Guru : ya Hilda
Hilda : eumm, energy itu tidak dapat dimusnahkan dan tidak
dapat pula diciptakan tetapi energy dapat dirubah kedalam bentuk lain
Motivasi
Guru : ya benar, kalor termasuk
energy ?
Siswa ; termasuk bu,
Guru Oke kalau begitu pernahkah
kalian diam di dekat api unggun????
Siswa : Pernah bu,
Guru : Nah, apa yang kalian rasakan???
Siswa : terasa hangat bu
Guru : oke, terasa hangat ya,, kalau
begitu tahukah kalian mengapa hal itu bisa terjadi?
Siswa : mungkin karna ada apinya bu.
Siswa : badan kita dingin bu jadi terasa hangat
Guru : bermacam-macam ya jawaban
kalian. Ada yag dapat memberikan jawaban yang meyakinkan?
Siswa diam bingung
dan takut ditunjuk bu guru..
Kegiatan
inti
Eksplorasi
Guru :oke, untuk mengetahui hal
tersebut,, maka kita hari ini akan melanjutkan pelajaran pertemuan lalu yaitu
Bab termokimia mengenai reaksi eksoterm dan endoterm.
Guru : nah sekarang kalian
berpasangan, sebelah kanan ibu adalah no.1 dan sebelah kiri ibu adalah no. 2. Ibu
berikan lks setiap kelompok 1.
Siswa berpasangan
dan guru membagikan LKS
Guru : ya, tugas No. 1 yaitu
mengerjakan soal no.1 dan No.2 mengerjakan no.2. sekarang kalian bergabung
dengan teman2 kalian yang sama2 mengerjakan soal no 1 dan no 2 bergabung dengan
yang no 2. Kalian diskusikan soal yang ibu berikan tadi dengan buku sumber yang
telah tercantum di lks. Nanti setelah kalian berdiskusi dengan sesame teman
dengan nomor tugas sama, kalian kembali ke pasangannya masing2. Dapat dipahami??
Siswa mulai
berkumpul dengan kelompok ahlii dan berdiskusi, guru membimbing siswa selama proses
diskusi
Guru : nah waktu habis,,, sekarang
kalian berkumpul dengan pasangan nya lagi dan transfer ilmu kalian ke pasangan
kalian.
Siswa menjelaskan
ke pasangannya mengenai materi yang didapat
Guru : oke sudah semua ya,,, sekarang
ibu minta perwakilan dari kalian untuk mempresentsikan hasil diskusi tadi,
siapa yang akan mempresentasikan soal No 1??
Gina, iis w, iren
mengacung.
Guru : ya Gina, silahkan
Gina : Sistem adalah bagian dari alam semesta
yang menjadi pusat perhatian langsung dalam suatu percobaan tertentu.
Lingkungan adalah bagian alam semesta yang
berhubungan langsung (berinteraksi) dengan satu sistem atau segala sesuatu yang
membatasi sistem. Sistem selalu mengandung sejumlah materi tertentu yang
dikontrol dalam percobaan itu.
Guru : yups benar sekali. Lalu siapa yang akan mempresentasikan
Soal no. 2???
IIK : Reaksi eksoterm adalah reaksi
kimia dengan sistem melepaskan kalor ke lingkungannya. Pada reaksi eksoterm,
suhu campuran reaksi akan naik dan energi potensial dari zat-zat kimia yang
bersangkutan akan turun. Selanjutnya sistem melepaskan kalor ke lingkungannya
Reaksi endoterm adalah reaksi
kimia dengan sistem menyerap kalor dari lingkungannya. Pada reaksi ini, terjadi
kenaikan energi potensial zat-zat yang bereaksi ata terjadi penurunan energi
kinetik sehingga suhu sistem turun.
Perbedaannya ada pada pelepasan energy dan suhu
Guru : oke benar sekali beri tepuk tangan kepada teman
kalian ya. bagaimana anak2 ada yang kurang dipahami??? Atau mungkin kalian ada
pertanyaan??
Siswa terdiam
tanda tidak ada pertanyaan
Guru :
baik kalian tidak ada yang bertanya maka ibu dapat mengambil kesimpulan bahwa
kalian sudah paham dengan pembelajaran hari ini ya. Kalau begitu mari kita
kembali kepertanyaan ibu di wal pembelajaran tadi, mengenai Api unggun. Ada yang
bisa menjawab mengapa saat kita berdiam di dekat api unggun kita merasakan
hangat?
Irena :
begini bu, saya mau mencoba menjawab, itu karena api unggun mengalami reaksi
eksoterm, karna ada energy yang dikeluarkan dari api unggun sehingga kita
merasakan energy tersebut.
Guru :
oke benar sekali, selanjutnya ada yang mau menyimpulkan apa yang telah kita
pelajari hari ini??
Gina : saya, Reaksi endoterm adalah reaksi yang menyerap
kalor dan reaksi eksoterm adalah yang melepaskan kalor. Dan system itu bagian dari alam semesta yang menjadi pusat perhatian langsung dalasm suatu percobaan tertentu.
Lingkungan adalah bagian alam semesta yang
berhubungan langsung dengan satu sistem atau segala sesuatu yang membatasi
sistem.
Guru : ya bagus sekali gina,, terimakasih baik pembelajaran kita hari ini telah
selesai, kalian harus lebih rajin lagi ya dalam belajar, dengan begitu ibu akan
memberikan soal evluasi ke pada kalian, silahkan kalian buka website
salsabilaannisadsenrha.blogspot.com nanti kalian kumpulkan jawaban kalian
dengan mengirimkan nya ke email ibu seperti pembelajaran kemarin2.
untuk pembelajaran minggu depan kita akan mempelajari mengenai Perubahan Entalpi Standar, kalian
pelajari dahulu ya materi tersebut. Sebelum kita tutup pembelajaran kali ini
mari kita membaca hamdalah bersama-sama.
Siswa & guru : Alhamdulillah
hirobil alamin..
Guru : Wassalamualaikum wr. wb
ini belum direvisi lagi,, insya Allah secepatnya akan di revisi
BalasHapus