Senin, 26 November 2012

RPP Termokimia: Reaksi Endoterm dan Reaksi Eksoterm (Non Praktikum)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                    :  SMA Negeri 4 Sukabumi
Mata Pelajara                      :  Kimia
Kelas / Semester                 :  XI / Semester II
Alokasi Waktu                   :  1 × 20 menit ( 1 Pertemuan )
Standar Kompetensi         : Memahami perubahan energi dalam reaksi kimia dan  
  cara  pengukurannya
Kompetensi Dasar            :  Mendeskripsikan perubahan entalpi suatu reaksi,
   reaksi eksoterm dan reaksi endoterm
Indikator                           :
·         Menjelaskan pengertian sistem dan lingkungan
·         Membedakan reaksi yang melepaskan kalor (eksoterm) dengan       reaksi yang menerima kalor (endoterm)
Karakter yang diharapkan :   Siswa dapat bersosialisasi
Tujuan Pembelajaran       : 
·         Melalui model Cooperative Learning Tipe Jigsaw, siswa dapat menjelaskan pengertian sistem dan lingkungan
·         Melalui model Cooperative Learning Tipe Jigsaw, siswa dapat membedakan reaksi yang melepaskan kalor (Ekoterm) dengan reaksi yang menerima kalor (Endoterm).
Aspek psikomotor: Berkomunikasi menggunakan bahasa yang baik, benar dan mudah dimengerti

MATERI PEMBELAJARAN
Materi yang dikembangkan
a.       Sistem dan Lingkungan
Dalam termokimia dikenal 2 istilah penting, yaitu sistem dan lingkungan. Sistem adalah bagian dar alam semesta yang menjadi pusat perhatian langsung dalam suatu percobaan tertentu. Lingkungan adalah bagian alam semesta yang berhubungan langsung (berinteraksi) dengan satu sistem atau segala sesuatu yang membatasi sistem. Sistem selalu mengandung sejumlah materi tertentu yang dikontrol dalam percobaan itu.
Ada dua jenis sistem, yaitu sistem tertutup dan sistem terbuka. Sistem tertutup adalah sistem yang penyekatnya mencegah aliran zat masuk dan keluar sistem, sedangkan sistem terbuka adalah sistem yang dapat berubah seiring berjalannya waktu. Sistem dan lingkungan bersama-sama membentuk semesta termodinamika dalam proses pertukaran energi.
b.      Jenis-jenis Reaksi Termokimia
Kebanyakan reaksi kimia tidaklah tertutup sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran energi antara sistem dan lingkungan. Reaksi termokimia dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu rekasi eksoterm dan reaksi endoterm.
1)      Reaksi eksoterm
Reaksi eksoterm adalah reaksi kimia dengan sistem melepaskan kalor ke lingkungannya. Pada reaksi eksoterm, suhu campuran reaksi akan naik dan energi potensial dari zat-zat kimia yang bersangkutan akan turun. Selanjutnya sistem melepaskan kalor ke lingkungannya.
Pada reaksi eksoterm, entalpi sistem berkurang. Artinya entalpi produk lebih kecil daripada entalpi pereaksi. Oleh karena itu, perubahan entalpinya (∆H) merupakan selisih antara entalpi pereaksi dengan entalpi produk (Hr-Hp) sehingga ∆H bernilai negatif.
Reaksi eksoterm:
2)      Reaksi Endoterm
Reaksi endoterm adalah reaksi kimia dengan sistem menyerap kalor dari lingkungannya. Pada reaksi ini, terjadi kenaikan energi potensial zat-zat yang bereaksi ata terjadi penurunan energi kinetik sehingga suhu sistem turun.
Pada reaksi endoterm, entalpi sistem bertambah. Artinya, entalpi produk (Hp) lebih besar daripada entalpi pereaksi (Hr). Oleh karena itu, perubahan entalpi (∆H) merupakan selisish antara entalpi produk dengan entalpi pereaksi (Hp-Hr) sehingga ∆H bernilai positif.
Reaksi endoterm:
STRATEGI DAN METODE PEMBELAJARAN
Model              : Cooperative Learning Tipe Jigsaw
Pendekatan     : Konsep
Metode            :Diskusi
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
a.      Tatap Muka
Langkah-langkah
No
Tahapan Kegiatan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
1
Pendahuluan
1)    Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai





2)    Apersepsi







3)    Motivasi






Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa:
·         Menjelaskan pengertian antara system dan lingkungan
·         membedakan reaksi yang melepaskan kalor (eksoterm) dan reaksi yang menerima kalor (endoterm) melalui percobaan.
·         Guru memberikan pertanyaan pada siswa:
Minggu kemarin kita telah belajar Asas kekekalan energy,masih ingatkah kalian isi asas kekekalan energy?



Guru memberikan pertanyaan kepada siswa:
Pernahkah kalian diam di dekat api unggun?
Nah saat kalian di dekat api unggun,, apa yang kalian rasakan???
Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Kalau begitu mari kita mencari tahu, hari ini kita akan mempelajari Bab Termokimia mengenai reaksi endoterm dan teaksi eksoterm

Siswa menyimak dan memahami tujuan pembelajaran.





Siswa menjawab pertanyaan dari guru:
Masih bu..
Energi tidak dapat dimusnahkan dan tidak dapat diciptakan tetapi dapat dirubah ke dalam bentuk lain

Pernah bu,


Terasa hangat bu.

Tidak tahu bu

Siswa menjadi ingin tahu dan menyiapkan perangkat pembelajaran.
2 menit
2
Kegiatan inti
Eksplorasi
§ Tahap pembentukan kelompok asal



§ Tahap pembentukan kelompok ahli



laborasi

Diskusi dengan kelompol ahli









§ Diskusi kelompok asal







Konfirmasi




Guru membagi siswa ke dalam kelompok heterogen yang berjumlah 2 orang yang disebut kelompok asal.
Guru meminta siswa dari kelompok asal bergabung dengan rekannya dari kelompok lain yang memiliki tugas yang sama (materi yang sama)
Guru meminta siswa untuk mendiskusikan LKS yang telah diberikan
Terdapat 2 kelompok ahli yang membahas 2 materi yang berbeda, yaitu:
1.     Kelompok Sistem dan lingkungan.
2.     Kelompok Jenis-jenis reaksi termokimia.
Selama proses diskusi, guru membimbing siswa

Guru meminta siswa untuk kembali ke kelompok awal setelah berdiskusi dalam kelompok ahli dan menguasai materi masing-masing kemudian menjelaskan materinya kepada rekan sekelompoknya di kelompok asal

Guru meminta salah satu murid untuk mempresentasikan hasil dari diskusi
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan menanggapi hasil presentasi siswa.
Guru memberikan penguatan pada siswa mengenai materi yang telah diajarkan hari ini


Siswa berkelompok sesuai instruksi guru



Siswa bergabung dengan kelompok ahli


§  Siswa menerima LKS yang diberikn oleh guru untuk didiskusikan oleh kelompok masing-masing dan dengan kelompok ahli


Siswa mulai berdiskusi




·   Siswa kembali kepada kelompok asal untuk menjelaskan materi yang telah didiskusikan dengan kelompok ahli

Salah satu siswa mempresentasikan hasil diskusi
Siswa bertanya dan memperhatikan dengan seksama

13 menit
3
Penutup
1.        Membuat kesimpulan


















2.         Melakukan penilaian




3.         Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Guru membimbing siswa membuat kesimpulan.

















Guru meminta siswa untuk mengakses website pembelajaran kimia dan mengerjakan soal evaluasi pada halaman website tersebut. Dan meminta siswa untuk mengumpulkannya besok paling lambat pukul 15.00
Guru menyampaikan materi pada pertemuan berikutnya mengenai Perubahan entalpi standar

Siswa mencatat kesimpulan.
Sistem adalah bagian dari alam semesta yang menjadi pusat perhatian langsung dalam suatu percobaan tertentu. Lingkungan adalah bagian alam semesta yang berhubungan langsung (berinteraksi) dengan satu sistem atau segala sesuatu yang membatasi sistem.
Perbedaan antara reaksi eksoterm dengan reaksi endoterm adalah pada reaksi eksoterm terjadi kenaikan suhu karena sistem melepaskan energi, sedangkan pada endoterm terjadi penurunan suhu karena sistem menyerap energy,

Siswa menulis alamat website tersebut



Siswa akan mempelajari materi berikutnya mengenai perubahan entalpi standar
5 menit

  1. MEDIA PEMBELAJARAN
·         Chemistry 1 For Senior High School Year XI. Justiana, Sandri dan Muchtaridi
·         LKS  Reaksi Eksoterm dan Reaksi Endoterm
·         LKS Sistem dan Lingkungan

  1. BUKU SUMBER
·         Chemistry 1 For Senior High School Year XI. Justiana, Sandri dan Muchtaridi
·            (Raymond Chang : 44-50)
  1. PENILAIAN HASIL BELAJAR
a.       Jenis penilaian selama proses KBM          : Penilaian kognitif, afektif dan
                                                                    psikomotor
b.      Alat penilaian                                            : Tes tulis

PENILAIAN
  1. Aspek Kognitif
No
Soal
Jawaban
Jenjang Soal
Skor
1
Apa yang dimaksud dengan system dan lingkungan?
Sistem adalah bagian dari alam semesta yang menjadi pusat perhatian langsung dalam suatu percobaan tertentu.
Lingkungan adalah bagian alam semesta yang berhubungan langsung (berinteraksi) dengan satu sistem atau segala sesuatu yang membatasi sistem. Sistem selalu mengandung sejumlah materi tertentu yang dikontrol dalam percobaan itu.
C2
0-2
2
Sebutkan jenis-jenis system! Jelaskan!
Ada dua jenis sistem, yaitu sistem tertutup dan sistem terbuka. Sistem tertutup adalah sistem yang penyekatnya mencegah aliran zat masuk dan keluar sistem, sedangkan sistem terbuka adalah sistem yang dapat berubah seiring berjalannya waktu. Sistem dan lingkungan bersama-sama membentuk semesta termodinamika dalam proses pertukaran energi.
C1 dan C2
0-4
3.
Apa perbedaan dari Reaksi Eksoterm dan reasi Endoterm?
Reaksi eksoterm adalah reaksi kimia dengan sistem melepaskan kalor ke lingkungannya. Pada reaksi eksoterm, suhu campuran reaksi akan naik dan energi potensial dari zat-zat kimia yang bersangkutan akan turun. Selanjutnya sistem melepaskan kalor ke lingkungannya
Reaksi endoterm adalah reaksi kimia dengan sistem menyerap kalor dari lingkungannya. Pada reaksi ini, terjadi kenaikan energi potensial zat-zat yang bereaksi ata terjadi penurunan energi kinetik sehingga suhu sistem turun.
Perbedaannya ada pada pelepasan kalor, suhu, dan energy potensialnya

0-2
4.
Gambarkan perbedaan dari reaksi Endoterm dan Reaksi Eksoterm!
C1
0-2

  1. Aspek psikomotor
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
1
Berkomunikasi




  1. Aspek afektif
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
1
Siswa Bersosialisasi



 1= Kurang baik
 2= Baik
 3= Sangat baik


LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Reaksi Eksoterm dan Reaksi Endoterm
Buku Sumber: Chemistry 1 For Senior High School Year XI. Muchtaridi, dkk. Hal: 118-130
Kelompok                            :
Anggota Kelompok           :
Kelas                                     :
Tujuan
Menjelaskan system dan lingkungan dan Membedakan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm
Pertanyaan

1.       Apa yang dimaksud dengan system dan lingkungan?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.       Apa perbedaan dari Reaksi Eksoterm dan reaksi Endoterm?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Reaksi Eksoterm dan Reaksi Endoterm
Buku Sumber: Chemistry 1 For Senior High School Year XI. Muchtaridi, dkk. Hal: 118-130
Kelompok                            :
Anggota Kelompok           :
Kelas                                     :
Tujuan
Menjelaskan system dan lingkungan dan Membedakan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm
Pertanyaan

1.         Apa yang dimaksud dengan system dan lingkungan?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.       Apa perbedaan dari Reaksi Eksoterm dan reaksi Endoterm?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
KISI-KISI PEMBUATAN SOAL

Nama Sekolah                   : SMA N 4 Sukabumi
Mata Pelajaran                 : Kimia
Kelas                                     : XI
Semester                            : II
Standar Kompetensi      : Memahami perubahan energi dalam reaksi kimia dan  cara  pengukurannya

Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Tes
Jenjang / Aspek
No Soal
Mendeskripsikan perubahan entalpi suatu reaksi,
reaksi eksoterm dan reaksi endoterm


Termokimia
-      Reaksi Eksoterm dan Reaksi endoterm

Siswa dapat menjelaskan system dan lingkungan
Essay
C2
1
Siswa dapat menjelaskan  jenis-jenis dari sistem
Essay
C2
2
Siswa dapat Membedakan reaksi endoterm dan reaksi eksoterm
Essay
C2
3
Siswa dapat menggambarkan skema reaksi eksoterm dan skema reaksi endoterm
Essay
C1
4


Soal Evaluasi Materi Reaksi Eksoterm dan Reaksi Endoterm

  1. Apa yang dimaksud dengan system dan lingkungan?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  1. Sebutkan jenis-jenis system! Jelaskan!
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

  1. Apa perbedaan dari Reaksi Eksoterm dan reasi Endoterm?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  1. Gambarkan perbedaan dari reaksi Endoterm dan Reaksi Eksoterm! (dengan gambar)
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


No
Soal
Jawaban
1
Apa yang dimaksud dengan system dan lingkungan?
Sistem adalah bagian dari alam semesta yang menjadi pusat perhatian langsung dalam suatu percobaan tertentu.
Lingkungan adalah bagian alam semesta yang berhubungan langsung (berinteraksi) dengan satu sistem atau segala sesuatu yang membatasi sistem. Sistem selalu mengandung sejumlah materi tertentu yang dikontrol dalam percobaan itu.
2
Sebutkan jenis-jenis system! Jelaskan!
Ada dua jenis sistem, yaitu sistem tertutup dan sistem terbuka. Sistem tertutup adalah sistem yang penyekatnya mencegah aliran zat masuk dan keluar sistem, sedangkan sistem terbuka adalah sistem yang dapat berubah seiring berjalannya waktu. Sistem dan lingkungan bersama-sama membentuk semesta termodinamika dalam proses pertukaran energi.
3.
Apa perbedaan dari Reaksi Eksoterm dan reasi Endoterm?
Reaksi eksoterm adalah reaksi kimia dengan sistem melepaskan kalor ke lingkungannya. Pada reaksi eksoterm, suhu campuran reaksi akan naik dan energi potensial dari zat-zat kimia yang bersangkutan akan turun. Selanjutnya sistem melepaskan kalor ke lingkungannya
Reaksi endoterm adalah reaksi kimia dengan sistem menyerap kalor dari lingkungannya. Pada reaksi ini, terjadi kenaikan energi potensial zat-zat yang bereaksi ata terjadi penurunan energi kinetik sehingga suhu sistem turun.
Perbedaannya ada pada pelepasan kalor, suhu, dan energy potensialnya
4.
Gambarkan perbedaan dari reaksi Endoterm dan Reaksi Eksoterm!


Skenario
Pembuka
Guru                : Assalamu’alaikum wr. wb.
Siswa               : Wa’alaikumussalam wr. Wb
Guru                : selamat pagi anak-anak. Bagaimana kabar hari ini?
Siswa               : selamat pagi juga bu. Alhamdullih baik bu..
Guru                : Siapa yang tidak hadir hari ini?
Siswa               : Hadir semua bu..
Pendahuluan
Guru                     : tujuan pembelajaran kita hari ini yaitu siswa dapat menjelaskan pengertian system dan lingkungan dan membedakan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm
Apersepsi
Guru                : Minggu kemarin kita telah belajar Asas kekekalan energy, masih ingatkah kalian isi asas kekekalan energy itu?
Siswa               : Masih bu,,
Guru                  :Bagus, siapa yang dapat memberitahukan isi asas kekekalan energy?
Isyu, Hilda, hammam, iik mengacung.
Guru                  : eumh, ya iik
IIk                   : asas kekekalan energy itu isinya, energy tidak dapat diciptakan dan juga tidak dapat dimusnahkan bu,
Guru                : yups bagus sekali, ada lagi yang ingin menambahkan?
Hilda dan isyu mengacung
Guru                : ya Hilda
Hilda               : eumm,  energy itu tidak dapat dimusnahkan dan tidak dapat pula diciptakan tetapi energy dapat dirubah kedalam bentuk lain
Motivasi
Guru                : ya benar, kalor termasuk energy ?
Siswa               ; termasuk bu,
Guru                Oke kalau begitu pernahkah kalian diam di dekat api unggun????
Siswa               : Pernah bu,
Guru                : Nah, apa yang kalian rasakan???
Siswa               : terasa hangat bu
Guru                : oke, terasa hangat ya,, kalau begitu tahukah kalian mengapa hal itu bisa terjadi?
Siswa               : mungkin karna ada apinya bu.
Siswa               : badan kita dingin bu  jadi terasa hangat
Guru                : bermacam-macam ya jawaban kalian. Ada yag dapat memberikan jawaban yang meyakinkan?
Siswa diam bingung dan takut ditunjuk bu guru..
Kegiatan inti
Eksplorasi
Guru                :oke, untuk mengetahui hal tersebut,, maka kita hari ini akan melanjutkan pelajaran pertemuan lalu yaitu Bab termokimia mengenai reaksi eksoterm dan endoterm.
Guru                : nah sekarang kalian berpasangan, sebelah kanan ibu adalah no.1 dan sebelah kiri ibu adalah no. 2. Ibu berikan lks setiap kelompok 1.
Siswa berpasangan dan guru membagikan LKS
Guru                : ya, tugas No. 1 yaitu mengerjakan soal no.1 dan No.2 mengerjakan no.2. sekarang kalian bergabung dengan teman2 kalian yang sama2 mengerjakan soal no 1 dan no 2 bergabung dengan yang no 2. Kalian diskusikan soal yang ibu berikan tadi dengan buku sumber yang telah tercantum di lks. Nanti setelah kalian berdiskusi dengan sesame teman dengan nomor tugas sama, kalian kembali ke pasangannya masing2. Dapat dipahami??
Siswa mulai berkumpul dengan kelompok ahlii dan berdiskusi, guru membimbing siswa selama proses diskusi
Guru                : nah waktu habis,,, sekarang kalian berkumpul dengan pasangan nya lagi dan transfer ilmu kalian ke pasangan kalian.
Siswa menjelaskan ke pasangannya mengenai materi yang didapat
Guru                : oke sudah semua ya,,, sekarang ibu minta perwakilan dari kalian untuk mempresentsikan hasil diskusi tadi, siapa yang akan mempresentasikan soal No 1??
Gina, iis w, iren mengacung.
Guru                : ya Gina, silahkan
Gina    :           Sistem adalah bagian dari alam semesta yang menjadi pusat perhatian langsung dalam suatu percobaan tertentu.
Lingkungan adalah bagian alam semesta yang berhubungan langsung (berinteraksi) dengan satu sistem atau segala sesuatu yang membatasi sistem. Sistem selalu mengandung sejumlah materi tertentu yang dikontrol dalam percobaan itu.
Guru                : yups benar sekali. Lalu siapa yang akan mempresentasikan Soal no. 2???
IIK      : Reaksi eksoterm adalah reaksi kimia dengan sistem melepaskan kalor ke lingkungannya. Pada reaksi eksoterm, suhu campuran reaksi akan naik dan energi potensial dari zat-zat kimia yang bersangkutan akan turun. Selanjutnya sistem melepaskan kalor ke lingkungannya
Reaksi endoterm adalah reaksi kimia dengan sistem menyerap kalor dari lingkungannya. Pada reaksi ini, terjadi kenaikan energi potensial zat-zat yang bereaksi ata terjadi penurunan energi kinetik sehingga suhu sistem turun.
Perbedaannya ada pada pelepasan energy dan suhu
Guru                : oke benar sekali beri tepuk tangan kepada teman kalian ya. bagaimana anak2 ada yang kurang dipahami??? Atau mungkin kalian ada pertanyaan??
Siswa terdiam tanda tidak ada pertanyaan
Guru                : baik kalian tidak ada yang bertanya maka ibu dapat mengambil kesimpulan bahwa kalian sudah paham dengan pembelajaran hari ini ya. Kalau begitu mari kita kembali kepertanyaan ibu di wal pembelajaran tadi, mengenai Api unggun. Ada yang bisa menjawab mengapa saat kita berdiam di dekat api unggun kita merasakan hangat?
Irena                : begini bu, saya mau mencoba menjawab, itu karena api unggun mengalami reaksi eksoterm, karna ada energy yang dikeluarkan dari api unggun sehingga kita merasakan energy tersebut.
Guru                : oke benar sekali, selanjutnya ada yang mau menyimpulkan apa yang telah kita pelajari hari ini??
Gina                : saya, Reaksi endoterm adalah reaksi yang menyerap kalor dan reaksi eksoterm adalah yang melepaskan kalor. Dan system itu bagian dari alam semesta yang menjadi pusat perhatian langsung dalasm suatu percobaan tertentu.
Lingkungan adalah bagian alam semesta yang berhubungan langsung dengan satu sistem atau segala sesuatu yang membatasi sistem.
Guru                : ya bagus sekali gina,, terimakasih baik pembelajaran kita hari ini telah selesai, kalian harus lebih rajin lagi ya dalam belajar, dengan begitu ibu akan memberikan soal evluasi ke pada kalian, silahkan kalian buka website salsabilaannisadsenrha.blogspot.com nanti kalian kumpulkan jawaban kalian dengan mengirimkan nya ke email ibu seperti pembelajaran kemarin2.
untuk pembelajaran minggu depan kita akan mempelajari  mengenai Perubahan Entalpi Standar, kalian pelajari dahulu ya materi tersebut. Sebelum kita tutup pembelajaran kali ini mari kita membaca hamdalah bersama-sama.
Siswa  & guru : Alhamdulillah hirobil alamin..
Guru               : Wassalamualaikum wr. wb

1 komentar:

  1. ini belum direvisi lagi,, insya Allah secepatnya akan di revisi

    BalasHapus

Bagaimana pendapat anda mengenai Blog ini???