Senin, 11 Juni 2012

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SMA
Mata Pelajaran            : Kimia
Kelas/Semester            : XI/I
Jumlah Pertemuan       : 1 (satu) kali pertemuan
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

I. Standar Kompetensi
       Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.

II. Kompetensi Dasar
       Mendeskripsikan pengertian laju reaksi dengan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reksi.

III. Indikator
-          Menyebutkan pengertian kecepatan reaksi.
-          Menentukan laju reaksi.
-          Menbandingkan luas permukaan dan konsentrasi zat perekasi berpengaruh terhadap laju reaksi.
-          Menunjukkan suhu reaksi mempengaruhi laju reaksi.
-          Membuktikan katalis berpengaruh terhadap laju reaksi.
-          Menggambarkan diagram hubungan katalis dengan energi aktivasi.
-          Menuliskan persamaan reaksi dalam laju reaksi.




IV. Tujuan pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
-     Menyebutkan pengertian kecepatan reaksi melalui data hasil percobaan dengan metode eksperimen POE.
-     Menentukan dan menyimpulkan laju reaksi dengan mengukur gas hidrogen melalui percobaan dengan metode eksperimen POE.
-     Membandingkan luas permukaan dan konsentrasi zat pereaksi berpengaruh terhadap laju reaksi dengan metode eksperimen POE.
-     Menunjukkan dan membandingkan suhu reaksi mempengaruhi laju reaksi dengan metode eksperimen POE.
-     Membuktikan katalis berpengaruh terhadap laju reaksi dengan metode eksperimen POE.
-     Membandingkan konsentrasi larutan yang mempengaruhi laju reaksi melalui metode eksperimen POE.
-     Menggambarkan diagram hubungan katalis dengan energi aktivasi setelah melakukan percobaan.
-     Menuliskan persamaan reaksi yang terjadi selama percobaan laju reaksi berlangsung.

V. Karakter yang ingin Dikembangkan
-     Jujur
-     Teliti
-     Kerjasama
-     Tanggungjawab

VI. Materi Ajar
-     Konsentrasi
-     Laju reaksi
-     Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

VII. Metode Pembelajaran
-     POE
-     Eksperimen
-     LKS
-     Pendekatan Induktif



VIII. Kegiatan Pembelajaran
No.
Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Alokasi Waktu
Guru
Siswa
1.
A. Pendahuluan
a. Apersepsi  









b. Motivasi
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai larutan dan konsentrasi yang telah diajarkan di kelas X.

-  Apa yang dimaksud dengan larutan?

-  Apa yang dimaksud dengan molaritas?

Guru memberikan motivasi dengan memberikan pertanyaan mengenai luas permukaan yang mempengaruhi laju reaksi.
- Manakah yang akan cepat lebih matang antara merebus telur dengan menggoreng telur dadar?
Siswa menjawab pertanyaan dari guru.


Jawaban yang diharapkan :
-     Larutan adalah campuran homogen antara dua komponen zat atau lebih.
-     Molaritas didefinisikan sebagai jumlah mol zat yang terlarut dalam satu liter larutan.
Siswa menjawab pertanyaan dari guru.


Jawaban yang diharapkan :
-Yang akan lebih cepat matang adalah telur dadar.


4 menit










5 menit

2.
B. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi










































b. Elaborasi





























c. Konfirmasi
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok praktikum.

Guru memberikan tugas memprediksi kepada siswa mengenai :


-  Apa yang akan terjadi apabila larutan HCl direaksikan dengan pita Mg?

-  Manakah yang akan cepat menyala dan habis terbakar apabila pentul korek api dengan sebatang kayu dibakar?

-  Gula dalam gelas manakah yang akan cepat larut? Gelas A air panas dan gelas B air dingin.

-  Manakah yang akan lebih cepat sampai ke atas pohon? Antara Toni yang menaiki pohon dengan menggunakan bantuan tangga dengan Irwan yang menaiki pohon tanpa menggunakan tangga?

-  Kapur tulis manakah yang akan lebih cepat larut?apabila direaksikan dengan larutan HCl. Gelas A HCl 1 M dan gelas B HCl 2 M. HCl dalam gelas manakah yang konsentrasinya lebih pekat?

Untuk menjawab prediksi yang telah dikemukakan secara singkat oleh siswa melalui pertanyaan-pertanyaan, maka guru mengkondisikan siswa untuk melakukan praktikum mengenai laju reaksi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Guru menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dan memberikan LKS.
Ket : LKS terlampir.

Guru mempersilahkan siswa untuk melakukan praktikum berdasarkan LKS yang telah diberikan.

Guru mengawasi dan memberikan penilaian berdasarkan kagiatan yang dilakukan siswa selama praktikum.
Ket : lembar  aspek penilaian afektif dan psikomotor siswa perkelompok terlampir.

Guru memberikan dan meluruskan konsep yang telah di dapatkan oleh siswa setelah melakukan percobaan dan mengumpulkan data.

Guru menjawab pertanyaan dari siswa.
Jawaban dari guru :
“ Katalis apabila di tambahkan pada suatu reaksi kimia yang sedang berlangsung tidak mempengaruhi hasil reaksi, karena pada dasarnya adanya katalis hanya bertujuan untuk menurunkan energi aktivasi agar suatu reasi kimia dalam berlangsung dengan cepat.”

Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyimpulkan hasil dari praktikum yang telah dilakukan.
Siswa terbagi menjadi 7 kelompok, yang terdiri dari 5 orang.

Siswa memprediksi masalah yang diberikan oleh guru dengan mencari informasi dan mengumpulkan data.
Jawaban yang diharapkan :
-Akan menghasilkan MgCl2 (aq) dan H2 (g).
Mg (s) + HCl (aq) → MgCl2 (aq) + H2 (g)

-Pentul korek api.





-Gula dalam gelas A air panas.




-Toni yang akan lebih cepat sampai ke atas pohon karena menggunakan tangga.






-Kapur dalam gelas B. Larutan yang konsentrasinya lebih pekat adalah larutan HCl 2 M.






Siswa mempersiapkan perlengkapan untuk melakukan praktikum mengenai laju reaksi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.






Siswa menggunakan jas Lab., masuk ke dalam Laboratorium, berdoa dan duduk berdasarkan kelompoknya.

Siswa melakukan praktikum berdasarkan petunjuk dari LKS.



Siswa melakukan pengamatan dari praktikum yang sedang dikerjakan, mencatat hasil pengamatan dan mengisi LKS yang telah diberikan guru.




Siswa menyerahkan kembali LKS yang telah diisi selama praktikum. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru.


Siswa mengajukan pertanyaan kepada guru dari konsep yang belum di mengerti?
Pertanyaan dari siswa :
“Bu, apakah katalis ikut bereaksi ketika ditambahkan dalam suatu reaksi kimia yang sedang berlangsung?”






Siswa menyimpulkan materi sesuai hasil dari praktikum yang telah dilakukan.
Simpulan siswa :
Laju reaksi dipengaruhi oleh suhu, katalis, konsentrasi larutan dan luas permukaan. Kecepatan reaksi merupakan perubahan hasil reaksi pereaksi per satuan waktu.
8 menit











































50 menit





























9,5 menit

3.
C. Penutup
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat laporan hasil praktikum.
Ket :  laporan dikumpulkan satu minggu setelah praktium.

Guru memberikan soal-soal mengenai laju reaksi.
Ket : soal-soal laju reaksi terlampir.
Guru memberikan umpan balik kepada kelompok praktikum yang paling rapi dalam bekerja, teliti, bersih dan hasil pengamatannya baik dengan memberikan penghargaan berupa poin tambahan nilai.
Siswa membuat laporan akhir praktikum.




Siswa mengerjakan soal-soal laju reaksi.


Kelompok yang terbaik mendapatkan penghargaan berupa tambahan poin.
Semua siswa membereskan dan membersihkan alat dan bahan yang telah digunakan selama praktikum dan berdoa.
13,5 menit












IX. Penilaian
a.    Penilaian Kognitif
-     Jenis instrumen                     :           tulisan
-     Bentuk instrumen                 :           soal-soal
b.    Penilaian Psikomotor dan Afektif
-     Jenis instrumen                     :           non tes
-     Bentuk instrumen                 :           LKS dan lembar aspek penilaian afektif dan psikomotor siswa perkelompok.
c.    Penugasan Terstruktur
-        Laporan tertulis hasil percobaan.

X. Sumber Belajar
a. Buku bahan ajar kimia
Sutresna, Nana. 2008. Cerdas Belajar Kimia. Bandung : Grafindo Media Pratama.
Justiana, Sandri. 2007. Kimia SMA Kelas XI. Yudistira.
Bse
b. Alat dan bahan kimia untuk belajar

Mengetahui                                                                        Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,









 
NIP.                                                                        NIP.


                                                                 


SOAL-SOAL LATIHAN
A.    Pilihan Ganda
1.      Jika 84 gram KOH (Mr = 56 g/mol) dilarutkan dalam 750 g air, konsentrasi larutan adalah....
a.       1,0 molar
b.      1,5 molar
c.       2,0 molar
d.      3,0 molar
e.       4,0 molar
Skor           : 1 poin
2.      Dalam ruang 5 L dipanasan gas N2O4 sebanya 0,8 mol sampai suhu tertentu sehingga terurai menjadi NO2. Jika setelah 4 detik dalam ruang tersebut terdapat 0,6 mol gas NO2 maka laju rata-rata penguraian N2O4 adalah...
a.       1,5 x 10-2 M/detik
b.      2,5 x 10-2 M/detik
c.       3,0 x 10-2 M/detik
d.      4,0 x 10-2 M/detik
e.       8,0 x 10-2 M/detik
Skor           : 1 poin
3.      Reaksi antara gas H2 dengan gas O2 pada suhu 250C berjalan sangat lambat, tetapi jika ditambahkan serbuk Pt reaksi berlangsung dengan cepat. Hal ini menunjuan bahwa kecepatan reaksi dipengaruhi oleh...
a.       Suhu
b.      Tekanan
c.       Konsentrasi
d.      Katalis
e.       Sifat zat
Skor           : 1 poin

4.  Reaksi A + B → hasil reaksi.
Data
Zat A
Zat B
(M)
Waktu
detik
Suhu
(0C)
1.
2 g serbuk
0,1
2
25
2.
2 g larutan
0,1
3
25
3.
2 g batangan
0,1
5
25
4.
2 g larutan
0,2
1,5
25
5.
2 g larutan
0,1
1,5
35

Data 2 dan 5 memperlihatkan laju reaksi dipengaruhi....
a.       Konsentrasi
b.      Sifat zat yang bereaksi
c.       Suhu
d.      Katalis
e.       Luas permukaan
Skor           : 1 poin
5.     Diketahui kondisi zat yang bereaksi :
1.      Serbuk seng + HCl 0,1 M
2.      Lempeng seng +  HCl 0,1 M
3.      Serbuk seng + HCl 0,5 M
4.      Butiran seng + HCl 0,5 M
5.      Lempeng seng + HCl 0,5 M
Reaksi yang paling cepat adalah...
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
e.       5
Skor           : 1 poin




B.     Essay
1.      Reaksi A + B → AB diperoleh data sebagai berikut.
No.
A (molar)
B (molar)
Laju Reaksi
M jam-1
1.
1,30 x 10-2
2,10 x 10-2
1,4 x 10-1
2.
6,50 x 10-2
1,50 x 10-2
3,5 x 10-2
3.
3,90 x 10-2
4,20 x 10-2
8,4 x 10-1
4.
1,30 x 10-2
1,05 x 10-2
7,0 x 10-2

Tentukanlah :
a.       Orde reaksi
b.      Persamaan laju reaksi
c.       Harga tetapan laju reaksi
d.      Laju reaksi jika konsentrasi A 0,026 M dan B 0,021 M
Skor           : 2,5 poin
2.      Terdapat lima buah reaksi dengan kondisi sebagai berikut.
No.
Zn
Larutan HCl
Suhu (0C)
1.
Serbuk
0,2 M
30
2.
Keping
0,2 M
30
3.
Serbuk
0,5 M
50
4.
Keping
0,2 M
50
5.
Serbuk
0,2 M
50

 Reaksi nomor berapakah yang diharapkan berlangsung paling cepat, jelaskan alasan-alasannya!
Skor           : 2,5 poin








Lembar Kerja Siswa

Tanggal percobaan      :
Judul percobaan          :
Kelas/semester :
Tujuan percobaan       :
Prinsip percobaan       :



Alat dan bahan           
a.    Alat          :
No.
Nama Alat
Jumlah
1.
Labu Erlenmeyer pipa samping.
1 buah
2.
Pipa delivery
1 buah
3.
Gelas ukur 100 mL
2  buah
4.
Sumbat Erlenmeyer
1 buah
5.
Wadah plastik
1 buah
6.
Stopwatch
1 buah
7.
Botol kaca ukuran 100 mL
2 buah
8.
Gelas kimia 100 ml
3 buah
9.
Kaki tiga dan kawat kasa
@ 1 buah
10.
Spirtus
1 buah
11.
Termometer
1 buah
12.
Batang sapu lidi
5 buah
13.
Batang pengaduk
1 buah
14.
Gelas ukur 25 mL
2 buah
15.
Balon merah dan hijau
2 buah
16.
Kertas HVS dan spidol
@ 1 buah

b.    Bahan       :
No.
Nama Bahan
Keterangan
1.
Logam Magnesium
secukupnya
2.
Larutan HCl
1 M
3.
Aquadest
secukupnya
4.
Larutan Na2S2O3
0,1 M
5.
Larutan HCl
3 M
7.
Kentang
1 buah
8.
H2O2
20 %
9.
Larutan HCl
2 M
10.
Larutan Na2S2O3
0,2 M

Prosedur           :
a.    Percobaan Laju Reaksi
-     Rangkai alat (dengan menghubungkan pipa delivery dengan Erlenmeyer).
-     Isi gelas ukur dengan air (jangan ada udara yang masuk, balikkan dan masukkan dalam ujung pipa delivery yang ada dalam wadah plastik yang sudah diisi air).
-     Isi labu Erlenmeyer pipa samping dengan 20 ml HCl 1 M.
-     Masukkan secara perlahan logam Mg ke dalam labu Erlenmeyer tadi. Tutup labu Erlenmeyer dengan sumbat karet.
-     Amati dan catat volume gas hidrogen setiap 1 menit.

b.    Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi (Luas Permukaan)
-     Siapkan 2 buah botol ukuran 100 mL, masing-masing isi dengan 25 mL HCl 1 M.
-     Siapkan dua buah balon karet (merah dan hijau), pada balon merah masukkan pita Mg 5 cm dan pada balon hijau masukan pita Mg 3 cm.
-     Pasang masing-masing balon pada kedua botol tadi. Jaga jangan sampai pita Mg  itu masuk ke dalam botol.
-     Reaksikan pita Mg dengan menjatuhkannya ke dalam larutan HCl yang terdapat di dalam botol. Catat waktu pada saat balon mengembang.


c.    Pengaruh Suhu
-     Siapkan kertas yang telah diberi tanda silang dengan spidol hitam dan tempelkan pada dasar gelas kimia 100 mL.
-     Masukkan 25 mL larutan Na2S2O3 0,1 M ke dalam gelas kimia, ukur suhunya dan catat. Tambahkan 5 mL HCl 3 M.
-     Catat waktu yang diperlukan setelah penambahan HCl sampai tanda silang tidak tampak lagi.
-     Ulangi langkah 1 s.d 3 dengan memanaskan terlebih dahulu larutan Na2S2O3 sampai suhu 30 0C dan 40 0C.

d.    Pengaruh Zat Katalis
-     Siapkan gelas kimia 100 mL.
-     Kupas kentang dan potong menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, masukkan ke dalam gelas kimia 100 mL tadi.
-     Masukkan larutan H2O2 20% secukupnya sampai semua kentang terendam dengan larutan tersebut.
-     Bakar batang-batang sapu lidi sampai terdapat bara apinya dan matikan api yang membakar sapu lidi tersebut.
-     Lalu dekatkan bara dari lidi yang tadi sudah dibakar ke atas kentang yang direndam H2O2. Amati apa yang terjadi!

e.    Pengaruh konsentrasi
-     Buatlah tanda silang dengan spidol hitam pada kertas HVS.
-     Masukkan 10 mL larutan HCl 2 M dalam gelas kimia dan letakkan gelas kimia itu di atas tanda silang.
-     Tambahkan 20 mL larutan Na2S2O3 0,2 M dan catat waktu setelah penambahan itu sampai tanda silang tepat tidak terlihat lagi dari atas.
-     Ulangi percobaan dengan menggunakan larutan Na2S2O3 yang lebih diencerkan.
Data Pengamatan
a.    Data Pengamatan Laju Reaksi
Waktu/menit
1
2
3
4
5
6
7
8
9
Volume (mL)










b.    Data Pengamatan Luas Permukaan
Konsentrasi HCl
Panjang pita Mg
Waktu (s)
Pengamatan
1 M
3 cm (balon hijau)


1 M
5 cm (balon merah)



c.    Data Pengamatan Pengaruh Suhu
Suhu (0C)
Waktu (s)
Pengamatan
Suhu kamar


30 0C


40 0C



d.   Data Pengamatan Pengaruh Katalis
No.
Kegiatan
Pengamatan
1.




2.





e.    Data Pengamatan Pengaruh Konsentrasi
Volume HCl
2 M
(mL)
Volume (mL)
Konsentrasi (mol/L) Na2S2O3 pada awal reaksi


Waktu (s)

Na2S2O3
(0,2 M)

Air

Jumlah Volume
(mL)
10
20
-
30


10
15
5
30


10
10
10
30


10
5
15
30





Diskusi dan Pembahasan        :




Kesimpulan      :






POST LAB       :
1.         Tulislah kesimpulan hubungan antara volume gas hidrogen dengan kecepatan reaksi!
2.         Bandingkan luas permukaan antara pita Mg yang berukuran 3 cm dengan pita Mg yang berukuran 5 cm!
3.         Jelaskan pengaruh luas permukaan terhadap kecepatan reaksi!
4.         Bagaimana pengaruh suhu terhadap kecepatan reaksi pada larutan natrium tiosulfat dengan asam klorida?
5.         Apa yang dimaksud dengan katalis?
6.         Zat apakah yang mempengaruhi kecepatan reaksi?
7.         Gambarkan melalui diagram hubungan katalis dengan energi aktivasi!
8.         Tuliskan setiap persamaan reaksi yang terjadi pada percobaan ini!







Lampiran Penilaian Aspek Afektif dan Psikomotor

a.      Aspek Penilaian Afektif  Perkelompok
No.
Nama Peserta Didik

Ket.
1
2
3
4
5
6
7
8
Ya
Tidak
1.











2.











3.











4.











5.












Keterangan :
Beri tanda (√) pada kolom aspek yang dinilai dan kolom keterangan
1.      Mengerjakan eksperimen
2.      Mengungkapkan gagasan
3.      Menerima pendapat teman
4.      Kemampuan berkomunikasi interpersonal
5.      Bertanggungjawab akan tugas selama melakukan eksperimen
6.      Jujur dalam mengisi data pengamatan
7.      Teliti dalam melakukan percobaan
8.      Kerjasama dalam melakukan tahap-tahap dalam prosedur percobaan dan pengamatan.

b.      Aspek Penilaian Psikomotor Perkelompok
No.
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Keterangan
Skor
1
2
3
4
5
6
Ya
Tidak
1.










2.










3.










4.










5.














Keterangan :
Beri tanda (√) pada kolom aspek yang dinilai dan kolom keterangan
1.      Mengukur larutan
2.      Menimbang sampel atau bahan kimia
3.      Menuangkan larutan
4.      Mengukur waktu
5.      Menggunakan pipet tetes dan alat kimia lain
6.      Membuat larutan
Ketentuan Skor  :
Skor 4  = 90
Skor 3  = 80
Skor 2  = 70
Skor 1  = 60
Ketentuan keterangan :
Ya                               = 1
Tidak                           = 0
Lulus jika skor total    = 5





1 komentar:

  1. Playtech launches online casino games online - Keraton
    It has expanded 바카라 사이트 its worrione reach with a deal with NetEnt in Asia, where the company will 온카지노 offer its online casino games online.

    BalasHapus

Bagaimana pendapat anda mengenai Blog ini???