RENCANA PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaan : Kimia
Kelas / Semester : XI / II
Alokasi Waktu : 9 jam pelajaran (3 pertemuan)
Standar Kompetensi : 3. Memahami sifat-sifat larutan asam basa, metode pengukuran, dan
terapannya
Kompetensi Dasar : 3.1
Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan
menghitung pH larutan
Indikator
· Menjelaskan teori asam basa menurut Arrhenius
· Menjelaskan teori asam basa menurut Bronsted-Lowry
· Menjelaskan teori asam basa menurut Lewis
Tujuan Pembelajaran
· Melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa dapat
menjelaskan teori asam basa menurut Arrhenius
· Melalui metode diskusi siswa dapat menuliskan persamaan reaksi asam
basa menurut Arrhenius
· Melalui metode diskusi siswa dapat mengelompokan asam basa
berdasarkan jumlah H+ dan OH- yang dilepaskan
· Melalui model pembelajaran induktif siswa dapat menjelaskan teori
asam basa menurut Bronsted-Lowry
· Melalui metode tanya jawab siswa menunjukan pasangan asam basa
konjugasi melalui persamaan reaksi Bronsted-Lowry
· Melalui metode tanya jawab siswa dapat menjelaskan teori asam basa
menurut Lewis
· Melalui model pembelajaran inquiri siswa dapat menentukan pH
larutan asam basa melalui perhitungan
Materi Ajar
· Teori asam basa menurut para ahli
· Sifat-sifat larutan
· pH larutan asam basa
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Strategi Pembelajaran
Pertemuan 1
Model
Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD (Students-Team-Achievement-Division)
Metode
pembelajaran : Diskusi
Pendekatan
: Konsep
Tabel Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
No
|
Tahapan
|
Waktu
|
Kegiatan
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||
1
|
A.
Pendahuluan
·
Memberikan penuntun
kepada siswa
· Memberitahu tujuan dari pembelajaran
|
10 menit
|
1.
Guru
memberikan pertanyaan penuntun kepada siswa
· Apa yang dimaksud dengan larutan?
· Apa saja sifat larutan itu?
2.
Guru
memberitahu kepada siswa tujuan yang harus di capai oleh siswa
· Menjelaskan teori asam basa menurut Arrhenius
· Menuliskan persamaan reaksi asam basa menurut Arrhenius
· Mengelompokan asam basa berdasarkan jumlah H+ dan OH-
yang dilepaskan
|
1.
Siswa menjawab
· Larutan merupakan campuran homogen yang terdiri dari zat terlarut
dan zat pelarut
· Larutan bersifat asam, bersifat basa dan netral
2.
Siswa
menyimak
|
B.
Inti
1.
Eksplorasi
2.
Elaborasi
3.
Konfirmasi
|
35 menit
35 menit
40 menit
|
· Menerangkan teori asam menurut Arrhenius
Asam
merupakan suatu zat yang menghasilkan ion-ion H+ jika dilarutkan
dalam air.
· Memberikan pertanyaan kepada siswa untuk memberi contoh dari asam
Arrhenius
Berikan
contoh dari asam Arrhenius!
· Menerangkan teori basa Arrhenius
Basa merupakan
suatu zat yang menghasilkan ion-ion OH- jika dilarutkan dalam air
· Memberikan pertanyaan kepada siswa untuk memberi contoh dari Basa
Arrhenius
Berikan
contoh dari basa Arrhenius!
·
Memberikan contoh
reaksi untuk mengelompokan asam berdasarkan
ion H+ yang dilepaskan
Berdasarkan jumlah ion H+ yang dilepaskan asam
dikelompokkan menjadi asam monoprotik, diprotik, dan triprotik.
misalnya:
CH3COOH(aq) H+(aq)
+ CH3COO–(aq)
H3PO4(aq) 3H+(aq) + PO43-(aq)
H2SO4(aq) 2H+(aq) + SO42-(aq)
H2SO3(aq) 2H+(aq) + SO32-(aq)
HNO3(aq)
H+(aq) + NO3–(aq)
Dari contoh senyawa asam diatas sebutkan yang termasuk asam
monoprotik, diprotik atau tripotik!
·
Memberikan contoh
reaksi untuk mengelompokan asam berdasarkan
ion OH- yang dilepaskan
Berdasarkan jumlah ion OH- yang dilepaskan, basa
digolongkan menjadi basa monohidroksi dan polihidroksi
Misalnya
NaOH
KOH
LiOH
Mg(OH)2
Al(OH)3
Dari contoh senyawa basa diatas sebutkan yang termasuk basa
monohidroksi dan polihidroksi serta tulis reaksi ionisasinya!
·
Membagi kelompok yang terdiri dari 4-5 orang (perempuan dan laki-laki)
·
Memberikan LKS
·
Menugaskan
kepada siswa untuk mendiskusikan:
1.
Berikan
contoh asam dan basa menurut Arrhenius dan tuliskan reaksinya (minimal 5)!
2.
Jelaskan yang
dimaksud dengan:
a.
Asam
monoprotik
b.
Asam
diprotik
c.
Asam
triprotik
d.
Basa
monohidroksi
e.
Basa
Polihidroksi
· Mengontrol jalannya diskusi
·
Mempresentasikan hasil diskusi
·
Meminta siswa
untuk mengumpulkan hasil diskusi
|
Siswa
menjawab
Misalnya:
HCl H+ + Cl-
Contoh:
NaOH Na+ + OH-
·
Menyimak
penjelasan guru
Siswa
menjawab
Asam
monoprotik yaitu CH3COOH dan HNO3
Asam diprotik
yaitu H2SO4 dan H2SO3
Asam
triprotik yaitu H3PO4
Siswa
menjawab
NaOH(aq)
Na+(aq) + OH-(aq)
KOH(aq)
K+(aq) + OH-(aq)
LiOH(aq)
Li+(aq) + OH-(aq)
Mg(OH)2(aq) Mg2+(aq)
+ 2OH-(aq)
Al(OH)3(aq)
Al3+(aq) + 3OH-(aq)
Basa
monohidroksi yaitu NaOH, KOH, dan LiOH
Basa
polihidroksi yaitu Mg(OH)2 dan Al(OH)3
·
Siswa
berkumpul dengan anggota kelompoknya masing-masing
·
Siswa
menerima LKS
Hasil
diskusi:
1. HNO3(aq)
H+(aq) + NO3–(aq)
HBr(aq)
H+(aq) + Br-(aq)
H2SO4(aq) 2H+(aq)
+ SO42-(aq)
H2SO3(aq) 2H+(aq)
+ SO32-(aq)
H3PO4(aq) 3H+(aq) +
PO43-(aq)
KOH(aq) K+(aq) +
OH-(aq)
Mg(OH)2(aq) Mg2+(aq)
+ 2OH-(aq)
Ca(OH)2(aq) Ca2+(aq)
+ 2OH-(aq)
Al(OH)3(aq) Al3+(aq)
+ 3OH-(aq)
Fe(OH)2(aq) Fe2+(aq)
+ 2OH-(aq)
2. a. Asam monoprotik yaitu asam
yang melepaskan satu ion H+ dalam air.
b.
Asam diprotik yaitu asam yang melepaskan dua
ion H+ dalam pelarut air.
c. Asam triprotik yaitu asam yang melepaskan tiga ion H+
dalam pelarut air.
d. Basa monohidroksi yaitu basa yang melepaskan satu ion OH–
e. Basa polihidroksi yaitu basa yang melepaskan ion OH–
lebih dari satu
3. HNO3(aq)
H+(aq) + NO3–(aq)
HBr(aq)
H+(aq) + Br-(aq)
H2SO4(aq) 2H+(aq)
+ SO42-(aq)
H2SO3(aq) 2H+(aq)
+ SO32-(aq)
H3PO4(aq) 3H+(aq) +
PO43-(aq)
KOH(aq) K+(aq) +
OH-(aq)
Mg(OH)2(aq) Mg2+(aq)
+ 2OH-(aq)
Ca(OH)2(aq) Ca2+(aq)
+ 2OH-(aq)
Al(OH)3(aq) Al3+(aq)
+ 3OH-(aq)
Fe(OH)2(aq) Fe2+(aq)
+ 2OH-(aq)
4. a. Asam monoprotik yaitu asam
yang melepaskan satu ion H+ dalam air.
b.
Asam diprotik yaitu asam yang melepaskan dua
ion H+ dalam pelarut air.
c. Asam triprotik yaitu asam yang melepaskan tiga ion H+
dalam pelarut air.
d. Basa monohidroksi yaitu basa yang melepaskan satu ion OH–
e. Basa polihidroksi yaitu basa yang melepaskan ion OH–
lebih dari satu
·
Mengumpulkan
hasil diskusi
|
|
C.
Penutup
|
15 menit
|
·
Memberikan
pertanyaan yang berkaitan kegiatan pembelajaran
1.
Apa yang dimaksud basa menurut Arrhenius?
2.
Apa yang dimaksud basa polihidroksi?
3.
Apa yang dimaksud asam diprotik?
4.
Tuliskan contoh dari asam triprotik serta tuliskan reaksi ionisasinya!
·
Meminta siswa untuk mengumpulkan jawabannya
·
Membahas
jawaban bersama-sama
·
Mengakumulatifkan nilai setiap anggota kelompok (1 kelompok)
·
Meranking kelompok dari yang nilai tertinggi ke nilai terendah
|
·
Siswa menjawab
pertanyaan
1.
Basa
merupakan suatu zat yang menghasilkan ion-ion OH- jika dilarutkan
dalam air
2.
Basa
polihidroksi yaitu basa yang melepaskan ion OH– lebih dari satu
3.
Asam
diprotik yaitu asam yang melepaskan dua ion H+ dalam pelarut air
4.
H3PO4(aq) 3H+(aq) +
PO43-(aq)
·
Mengumpulkan
jawaban
·
Siswa
menyimak
|
Penilaian Hasil Belajar
Bentuk tes
·
Tulisan
·
Lisan
Instrumen
1.
Reaksi ionisasi yang tepat dari reaksi berikut adalah . . . . (skor 0-1)
A. Ca(OH)2(aq) Ca2+(aq) + OH2–(aq)
B. H3PO4(aq) H+(aq) + PO43–(aq)
C. CH3COOH(aq) CH3CO+(aq) +
OH–(aq)
D. H2SO4(aq)
2H+(aq)
+ SO4–(aq)
E. CH3COOH(aq) H+(aq)
+ CH3COO–(aq)
Jawaban E
2.
Zat berikut yang termasuk asam triprotik adalah asam . . . . (skor 0-1)
A. sulfit C.
nitrat E.fosfat
B. karbonat D. asetat
Jawaban
E
3. Manakah di antara kelompok zat berikut yang tergolong basa kuat?(skor
0-1)
A. NaOH, Ba(OH)2, NH4OH D. NaOH, Mg(OH)2, P(OH)3
B. LiOH, NaOH, KOH E.
Ca(OH)2, KOH, NH4OH
C. Ca(OH)2, Ba(OH)2, Fe(OH)3
Jawaban B
4.Apa yang dimaksud asam dan basa
menurut Arrhenius?(skor 0-2)
Jawaban
:
Asam
merupakan spesi yang apabila dilarutkan dalam air menghasilkan ion H+.
Basa merupakan spesi yang apabila dilarutkan dalam air menghasilkan ion OH-.
5.
Golongkan
senyawa-senyawa berikut berdasarkan ion H+ atau ion OH-
yang dilepaskan dan tuliskan reaksi ionisasinya(skor 0-4)
·
H3PO4
·
Mg(OH)2
·
Fe(OH)3
·
H2SO3
Jawaban
·
H3PO4(aq) 3H+(aq)
+ PO43-(aq)
·
Mg(OH)2(aq)
Mg2+(aq)
+ 3OH-(aq)
·
Fe(OH)3(aq) Fe3+(aq)
+ 3OH-(aq)
·
H2SO3(aq) 2H+(aq)
+ SO32-(aq)
Lembar Kerja Siswa
Teori asam basa Arrhenius
(elaborasi)
Kelompok :
Nama Anggota :
Kelas :
Jawablah pertanyaan dibawah ini
secara singkat dan jelas!
1.
Berikan contoh
asam dan basa menurut Arrhenius dan tuliskan reaksinya (minimal 5)!
2.
Jelaskan yang
dimaksud dengan:
a.
Asam monoprotik
b.
Asam diprotik
c.
Asam triprotik
d.
Basa
monohidroksi
e.
Basa
Polihidroksi
Jawaban
Lembar Kerja Siswa
Teori asam basa Arhenius
(eksplorasi)
1.
Termasuk
golongan yang mana reaksi-reaksi dibawah ini. Berikan tanda cek (√) pada
jawaban yang benar
No
|
Reaksi
|
Asam
|
||
Monoprotik
|
Diprotik
|
Triprotik
|
||
1
|
CH3COOH(aq) H+(aq)
+ CH3COO–(aq)
|
|||
2
|
H3PO4(aq) 3H+(aq) + PO43-(aq)
|
|||
3
|
H2SO4(aq) 2H+(aq) + SO42-(aq)
|
|||
4
|
H2SO3(aq) 2H+(aq) + SO32-(aq)
|
|||
5
|
HNO3(aq)
H+(aq) + NO3–(aq)
|
2.
Tuliskan reaksi
ionisasi dan sebutkan golongan basanya dari senyawa-senyawa dibawah ini!
No
|
Nama Senyawa
|
Reaksi
Ionisasi
|
Golongan
Basa
|
1
|
NaOH
|
||
2
|
KOH
|
||
3
|
LiOH
|
||
4
|
Mg(OH)2
|
||
5
|
Al(OH)3
|