Senin, 11 Juni 2012

rpp


RENCANA PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah             : SMA
Mata Pelajaan              : Kimia
Kelas / Semester          : XI / II
Alokasi Waktu            : 9 jam pelajaran (3 pertemuan)
Standar Kompetensi     : 3. Memahami sifat-sifat larutan asam basa, metode pengukuran, dan terapannya
Kompetensi Dasar        : 3.1 Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan
Indikator                    
·       Menjelaskan teori asam basa menurut Arrhenius
·       Menjelaskan teori asam basa menurut Bronsted-Lowry
·       Menjelaskan teori asam basa menurut Lewis
·       Menentukan pH larutan asam basa
Tujuan Pembelajaran  
·       Melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa dapat menjelaskan teori asam basa menurut Arrhenius
·       Melalui metode diskusi siswa dapat menuliskan persamaan reaksi asam basa menurut Arrhenius
·       Melalui metode diskusi siswa dapat mengelompokan asam basa berdasarkan jumlah H+ dan OH- yang dilepaskan
·       Melalui model pembelajaran induktif siswa dapat menjelaskan teori asam basa menurut Bronsted-Lowry
·       Melalui metode tanya jawab siswa menunjukan pasangan asam basa konjugasi melalui persamaan reaksi Bronsted-Lowry
·       Melalui metode tanya jawab siswa dapat menjelaskan teori asam basa menurut Lewis
·       Melalui model pembelajaran inquiri siswa dapat menentukan pH larutan asam basa melalui perhitungan


Materi Ajar
·      Teori asam basa menurut para ahli
·      Sifat-sifat larutan
·      pH larutan asam basa
Alokasi Waktu            : 3 x 45 menit
Strategi  Pembelajaran
Pertemuan 1
Model Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD (Students-Team-Achievement-Division)
Metode pembelajaran : Diskusi
Pendekatan : Konsep
Tabel Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
No
Tahapan
Waktu
Kegiatan
Guru
Siswa
1
A.  Pendahuluan
·         Memberikan penuntun kepada siswa





·       Memberitahu tujuan dari pembelajaran
10 menit

1.    Guru memberikan pertanyaan penuntun kepada siswa
·  Apa yang dimaksud dengan larutan?


·  Apa saja sifat larutan itu?

2.    Guru memberitahu kepada siswa tujuan yang harus di capai oleh siswa
·      Menjelaskan teori asam basa menurut Arrhenius
·      Menuliskan persamaan reaksi asam basa menurut Arrhenius
·      Mengelompokan asam basa berdasarkan jumlah H+ dan OH- yang dilepaskan

1.      Siswa menjawab

·      Larutan merupakan campuran homogen yang terdiri dari zat terlarut dan zat pelarut
·      Larutan bersifat asam, bersifat basa dan netral
2.      Siswa menyimak





B.     Inti
1.         Eksplorasi


























































2.        Elaborasi


























3.                  Konfirmasi




35 menit

























































35 menit

























40 menit

·     Menerangkan teori asam menurut Arrhenius
Asam merupakan suatu zat yang menghasilkan ion-ion H+ jika dilarutkan dalam air.
·     Memberikan pertanyaan kepada siswa untuk memberi contoh dari asam Arrhenius
Berikan contoh dari asam Arrhenius!

·     Menerangkan teori basa Arrhenius
Basa merupakan suatu zat yang menghasilkan ion-ion OH- jika dilarutkan dalam air
·     Memberikan pertanyaan kepada siswa untuk memberi contoh dari Basa Arrhenius
Berikan contoh dari basa Arrhenius!

·         Memberikan contoh reaksi untuk mengelompokan asam berdasarkan ion H+ yang dilepaskan
Berdasarkan jumlah ion H+ yang dilepaskan asam dikelompokkan menjadi asam monoprotik, diprotik, dan triprotik.
misalnya:
CH3COOH(aq)               H+(aq) + CH3COO(aq)
H3PO4(aq)           3H+(aq) + PO43-(aq)
H2SO4(aq)          2H+(aq) + SO42-(aq)
H2SO3(aq)          2H+(aq) + SO32-(aq)
HNO3(aq)         H+(aq) + NO3(aq)

Dari contoh senyawa asam diatas sebutkan yang termasuk asam monoprotik, diprotik atau tripotik!

·         Memberikan contoh reaksi untuk mengelompokan asam berdasarkan ion OH- yang dilepaskan
Berdasarkan jumlah ion OH- yang dilepaskan, basa digolongkan menjadi basa monohidroksi dan polihidroksi
Misalnya
NaOH
KOH
LiOH
Mg(OH)2
Al(OH)3
Dari contoh senyawa basa diatas sebutkan yang termasuk basa monohidroksi dan polihidroksi serta tulis reaksi ionisasinya!








·      Membagi kelompok yang terdiri dari 4-5 orang (perempuan dan laki-laki)
·      Memberikan LKS

·         Menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan:
1.    Berikan contoh asam dan basa menurut Arrhenius dan tuliskan reaksinya (minimal 5)!
2.    Jelaskan yang dimaksud dengan:
a.      Asam monoprotik
b.      Asam diprotik
c.       Asam triprotik
d.      Basa monohidroksi
e.       Basa Polihidroksi





·      Mengontrol jalannya diskusi










·         Mempresentasikan hasil diskusi

























·      Meminta siswa untuk mengumpulkan hasil diskusi





Siswa menjawab
Misalnya:
HCl            H+  + Cl-




Contoh:
NaOH             Na+  +  OH-


·         Menyimak penjelasan guru











Siswa menjawab
Asam monoprotik yaitu CH3COOH dan HNO3
Asam diprotik yaitu H2SO4 dan H2SO3
Asam triprotik yaitu H3PO4











Siswa menjawab
NaOH(aq)         Na+(aq) + OH-(aq)
KOH(aq)            K+(aq) + OH-(aq)
LiOH(aq)            Li+(aq) + OH-(aq)
Mg(OH)2(aq)         Mg2+(aq) + 2OH-(aq)
Al(OH)3(aq)         Al3+(aq) + 3OH-(aq)

Basa monohidroksi yaitu NaOH, KOH, dan LiOH
Basa polihidroksi yaitu Mg(OH)2 dan Al(OH)3

·         Siswa berkumpul dengan anggota kelompoknya masing-masing
·         Siswa menerima LKS

Hasil diskusi:
1.    HNO3(aq)         H+(aq) + NO3(aq)
HBr(aq)            H+(aq) + Br-(aq)
H2SO4(aq)                     2H+(aq) + SO42-(aq)
H2SO3(aq)                    2H+(aq) + SO32-(aq)
H3PO4(aq)            3H+(aq) + PO43-(aq)

KOH(aq)               K+(aq) + OH-(aq)
Mg(OH)2(aq)                   Mg2+(aq) + 2OH-(aq)
Ca(OH)2(aq)                    Ca2+(aq) + 2OH-(aq)
Al(OH)3(aq)                     Al3+(aq) + 3OH-(aq)
Fe(OH)2(aq)                      Fe2+(aq) + 2OH-(aq)

2. a. Asam monoprotik yaitu asam yang melepaskan satu ion H+ dalam air.
b. Asam diprotik yaitu asam yang melepaskan dua ion H+ dalam pelarut air.
c. Asam triprotik yaitu asam yang melepaskan tiga ion H+ dalam pelarut air.
d. Basa monohidroksi yaitu basa yang melepaskan satu ion OH
e.    Basa polihidroksi yaitu basa yang melepaskan ion OH lebih dari satu

3.    HNO3(aq)         H+(aq) + NO3(aq)
HBr(aq)            H+(aq) + Br-(aq)
H2SO4(aq)                     2H+(aq) + SO42-(aq)
H2SO3(aq)                    2H+(aq) + SO32-(aq)
H3PO4(aq)            3H+(aq) + PO43-(aq)

KOH(aq)               K+(aq) + OH-(aq)
Mg(OH)2(aq)                   Mg2+(aq) + 2OH-(aq)
Ca(OH)2(aq)                    Ca2+(aq) + 2OH-(aq)
Al(OH)3(aq)                     Al3+(aq) + 3OH-(aq)
Fe(OH)2(aq)                      Fe2+(aq) + 2OH-(aq)

4. a. Asam monoprotik yaitu asam yang melepaskan satu ion H+ dalam air.
b. Asam diprotik yaitu asam yang melepaskan dua ion H+ dalam pelarut air.
c. Asam triprotik yaitu asam yang melepaskan tiga ion H+ dalam pelarut air.
d. Basa monohidroksi yaitu basa yang melepaskan satu ion OH
e.    Basa polihidroksi yaitu basa yang melepaskan ion OH lebih dari satu  

·         Mengumpulkan hasil diskusi

C.     Penutup
15 menit
·         Memberikan pertanyaan yang berkaitan kegiatan pembelajaran
1.      Apa yang dimaksud basa menurut Arrhenius?
2.      Apa yang dimaksud basa polihidroksi?
3.      Apa yang dimaksud asam diprotik?
4.      Tuliskan contoh dari asam triprotik  serta tuliskan reaksi ionisasinya!






·         Meminta siswa untuk mengumpulkan jawabannya
·         Membahas jawaban bersama-sama
·         Mengakumulatifkan nilai setiap anggota kelompok (1 kelompok)
·         Meranking kelompok dari yang nilai tertinggi ke nilai terendah
·         Siswa menjawab pertanyaan

1.      Basa merupakan suatu zat yang menghasilkan ion-ion OH- jika dilarutkan dalam air
2.      Basa polihidroksi yaitu basa yang melepaskan ion OH lebih dari satu
3.      Asam diprotik yaitu asam yang melepaskan dua ion H+ dalam pelarut air
4.      H3PO4(aq)            3H+(aq) + PO43-(aq)

·         Mengumpulkan jawaban

·         Siswa menyimak

Penilaian Hasil Belajar
Bentuk tes
·         Tulisan
·         Lisan
Instrumen
1. Reaksi ionisasi yang tepat dari reaksi berikut adalah . . . . (skor 0-1)
A. Ca(OH)2(aq)          Ca2+(aq) + OH2–(aq)
B. H3PO4(aq)        H+(aq) + PO43–(aq)
C. CH3COOH(aq)           CH3CO+(aq) + OH(aq)
D. H2SO4(aq)         2H+(aq) + SO4(aq)
E. CH3COOH(aq)         H+(aq) + CH3COO(aq)
Jawaban E
2. Zat berikut yang termasuk asam triprotik adalah asam . . . . (skor 0-1)
A. sulfit                            C. nitrat                       E.fosfat
B. karbonat                      D. asetat
Jawaban E
3. Manakah di antara kelompok zat berikut yang tergolong basa kuat?(skor 0-1)
A. NaOH, Ba(OH)2, NH4OH    D. NaOH, Mg(OH)2, P(OH)3
B. LiOH, NaOH, KOH               E. Ca(OH)2, KOH, NH4OH
C. Ca(OH)2, Ba(OH)2, Fe(OH)3
Jawaban B
4.Apa yang dimaksud asam dan basa menurut Arrhenius?(skor 0-2)
Jawaban :
Asam merupakan spesi yang apabila dilarutkan dalam air menghasilkan ion H+. Basa merupakan spesi yang apabila dilarutkan dalam air menghasilkan ion OH-.
5.      Golongkan senyawa-senyawa berikut berdasarkan ion H+ atau ion OH- yang dilepaskan dan tuliskan reaksi ionisasinya(skor 0-4)
·         H3PO4
·         Mg(OH)2
·         Fe(OH)3
·         H2SO3
Jawaban
·         H3PO4(aq)               3H+(aq) + PO43-(aq)
·         Mg(OH)2(aq)          Mg2+(aq) + 3OH-(aq)
·         Fe(OH)3(aq)                 Fe3+(aq) + 3OH-(aq)
·         H2SO3(aq)                  2H+(aq) + SO32-(aq)
Lembar Kerja Siswa
Teori asam basa Arrhenius
(elaborasi)
Kelompok       :
Nama Anggota :


Kelas               :
Jawablah pertanyaan dibawah ini secara singkat dan jelas!
1.      Berikan contoh asam dan basa menurut Arrhenius dan tuliskan reaksinya (minimal 5)!
2.      Jelaskan yang dimaksud dengan:
a.      Asam monoprotik
b.      Asam diprotik
c.       Asam triprotik
d.      Basa monohidroksi
e.       Basa Polihidroksi
Jawaban





Lembar Kerja Siswa
Teori asam basa Arhenius
(eksplorasi)
1.      Termasuk golongan yang mana reaksi-reaksi dibawah ini. Berikan tanda cek (√) pada jawaban yang benar
No
Reaksi
Asam
Monoprotik
Diprotik
Triprotik
1
CH3COOH(aq)               H+(aq) + CH3COO(aq)



2
H3PO4(aq)           3H+(aq) + PO43-(aq)



3
H2SO4(aq)          2H+(aq) + SO42-(aq)



4
H2SO3(aq)          2H+(aq) + SO32-(aq)



5
HNO3(aq)         H+(aq) + NO3(aq)




2.      Tuliskan reaksi ionisasi dan sebutkan golongan basanya dari senyawa-senyawa dibawah ini!
No
Nama Senyawa
Reaksi Ionisasi
Golongan Basa
1
NaOH


2
KOH


3
LiOH


4
Mg(OH)2


5
Al(OH)3



Bagaimana pendapat anda mengenai Blog ini???